Selamat Datang di blog ini Terima kasih telah mengujungi blog saya

Rabu, 08 April 2009

Kuali diatas atap (antena wajan bolik)

Mudah2an posting ini bermanfaat bagi saudara2ku ono niha, yang pada saat ini telah banyak menggunakan fasilitas wifi... juga sekaligus merealisasikan posting yang pernah saya tuliskan mengenai ”Kese-kese sebagai wadah share iptek”
Bahan dan alat yang dibutuhkan :
1 Terdapat area hostpot (wifi) disekitar daerah kita
2 Wajan (kuali) diameter 36cm (semakin besar diameter semakin bagus)
3 PVC paralon tipis diameter 3cm 1 meter
4 Doff 3″ (tutup PVC paralon) 2 buah
5 Aluminium foil
6 Baut + mur ukuran 12 atau 14 (usahakan menggunakan mur yang panjang, hingga dapat berfungsi sebagai penyangga pada tiang saat mountaining)
7 USB wareless dalam hal ini saya menggunakan TP-Link TL-WN321G (Rp. 200.000,-)
Perkiraan biaya keseluruhan sekitar Rp. 250.000-300.000,-
Cara Pembuatan :
1. lubangi dasar wajan sehingga mur yang digunakan dapat melalui lubang tersebut, kemudian salah satu doff juga dilubangi sebesar lubang dasar wajan, lalu doff dan wajan disatukan dengan menggunakan mur + baut yang telah tersedia
2. pipa paralon dipotong sepanjang 30 cm, kemudian tutupi pipa dengan aluminium foil sepanjang 15-20 cm, sedangkan yang selebihnya dibiarkan tidak tertutupi dengan aluminium foil. Bagian yang tidak tertutupi ini diletakan dibagian dasar wajan (tepatnya pada doff yang menyatu dengan dasar wajan)
3. kemudian buat lubang pada pipa paralon ± 5 cm dari permukaan pipa yang telah ditutupi dengan aluminium foil, besar lubangnya usahakan dapat dilalui oleh colokan USB, lalu masukan USB kedalam pipa dengan colokan USB memasuki lubang yang telah dibuat pada Pipa.
4. rekatkan USB dengan Glutter (dalam hal ini saya menggunakan gabus yang telah dicarikan dengan bensin, lumayan selain menghemat ternyata mampu untuk menahan USB tetap berdiri dan merekat pada pipa), kemudian tutup permukaan pipa tersebut dengan doff yang satu lagi
5. Letakan pipa pada doff yang telah disatukan dengan wajan, well.... jadilah antena wajan bolik (antena kualinya)
Gambarnya dapat di browsing melalui google ataupun yahoo
Mountaining Antena :
1. setelah antena jadi, kini saat yang mendebarkan yaitu memasang antenanya, persyaratannya, didaerah tempat antena dipasang terdapat area hostpot (wifispot)
2. menurut referensi yang saya baca sih, antena ini dapat mencapai 5-7 km, namun yang pernah saya coba dan berhasil masih berjarak 1,5-2 km (ini tergantung tekhnik mountaining kita)
3. untuk mencari area hostpot yang tersedia dan mengetahui kekuatan signal yang kita dapatkan dalam tehknik mountaining, saya menggunakan network stumbler (netstumbler) versi free software ini dapat didownload melalui google atau pun yahoo, dengan keyword ”netstumbler”
4. untuk sambungan kekomputer kita dapat menggunakan kabel USB ekstended (sejauh ini, yang dijual dipasaran masih sepanjang 5 m) untuk modifikasi kabel USB, tutorialnya dapat di browsing melalui google or yahoo dengan keyword ”mofikasi kabel USB” atau ”sambungan kabel USB” (mungkin dilain waktu tutorialnya dapat saya posting disini)
Yah, demikianlah sharing saya mengenai kuali penangkap signal wifi... semoga bermanfaat bagi kita semua, terlebih2 dalam menambah pengetahuan dan pengalaman kita bersama... tanpa mengurangi rasa hormat saya pada seluruh leluhur2, mbah2, abang2 dan rekan2 yang lebih ahli dalam hal ini
Sebagai informasi, hingga saat ini kuali tersebut masih tegak berdiri diatap tempat tinggal saya dan masih memberikan akses internet gratis untuk saya 24 jam (kecuali bila listrik mati atau penyedia hostpot memutus aksesnya) thanx... ya’ahowu(www.niasisland.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar